Sunday, January 25, 2015

Meraba Peluang dan Sasaran Bajaj Pulsar 200AS (Adventure Sport) di Indonesia

P200AS (Adventure Sport)
Selamat pagi brosist
Belum lama FYS membaca artikel berita terkait dengan munculnya sosok Bajaj Pulsar yang sepertinya akan bergenre Adventure Sport atau Enduro Motorcycle di Indonesia! Tapi yang mengherankan justru FYS membacanya dari media yang berasal dari negeri Bollywood yaitu ndtv dan indianautosblog (tampaknya disana sudah geger duluan), padahal source foto yang terlampir jelas-jelas didapat dari sumber Naked Wolf Indonesia (Klub/ Komunitas P200NS Indonesia).
Weleh-weleh (elus jenggot. Hehe)..

Santer berita bahwa Bajaj akan me-release 6 line up terbarunya dalam 6 bulan mendatang memperkuat dugaan bahwa si P200AS ini bukan hasil dari modifikasi melainkan memang murni desain dari Bajaj karena jika dilihat dari bebarapa sumber dari 6 line up yang akan di release kurang lebih baru 3 unit yang terdeteksi yaitu P200SS, P150NS dan Discover 100 (kalo gak salah), 3 lagi sisanya masih misteri.

Melihat dari kasat mata P200AS ini tampaknya akan menyasar para konsumen yang memiliki karakter petualang yang memang saat ini di Indonesia sedang berkembang pesat yaitu para rider yang suka jalan jauh, nembus hutan, gurun dan lain sebagainya hehe. Desain khas Enduro terdeteksi dari semi fairing dan winshield tinggi dengan nuansa clear selain itu spakbor belakang juga terlihat seperti punya Old Pulsar Series. Namun jika hanya sektor ini yang berubah tampaknya FYS rasa belum pantas disebut Adventure Sport karena terlihat bagian lainnya masih sangat identik dengan P200NS yang notabenenya memang bergenre Naked Sport. Ban sepertinya masih Eurogrip (tipe Hard Compound mempunyai kekurangan licin kalo kena jalan tanah lembap) kalo mau berubah adventure ganti lah dengan ban Dual Purpose. Lalu riding position dari P200NS yang dicap cepat bikin pegal karena banyak yang bilang desain riding position NS gak jelas harus dihilangkan apabila memang ingin klop dengan julukan Adventure yang disematkan.

Terlepas dari itu, apabila memang ini asli produk baru bukan hasil modifikasi, Bajaj akan jadi produsen motor pertama di Indonesia yang akan mempunyai motor dengan tipe Adventure Sport dengan target market Mid End hingga Low End Customer, yang tentu saja akan dijual dibawah bendera Kawasaki dan diperkirakan harganya akan sangat valuable sekali dengan fiturnya. Strategi yang jeli dan cermat menurut FYS karena bahkan Honda, dan Yamaha saja belum melirik genre ini untuk menyasar target market Mid-Low di Indonesia. Dan kayanya Kawasaki D-Tracker juga bukan merupakan musuh yang signifikan mengingat desainnya lebih mirip dengan motor cross. Serta bocorannya si Adventure Sport dari Bajaj ini akan dibekali dengan sistem pengabut bahan bakar tipe injeksi jadi mungkin konsumsi bensin akan jauh lebih irit dan mungkin power juga akan bertambah. WOW!!
Mantap kan?
Last, kesimpulannya karena pemain belum ada dan sasarannya sudah jelas juga belum terjamah, tampaknya si P200AS ini akan menuai hasil positif apabila dipasarkan di Indonesia. Dan itu juga secara tidak langsung menjawab kenapa harus Indonesia yang menjadi sasaran pertama dari serangan P200AS ini.


Monggo dikomentari brosist

No comments:

Post a Comment